jump to navigation

Siapakah Penemu Telepon Pertama ? Juni 13, 2008

Posted by mustel in penemuan.
Tags:
trackback

Siapa sebenarnya orang pertama yang menemukan telepon? Sebagian besar diantara kita engan pasti akan menjawab, Alexander Graham Bell. Jawaban itu memang tidak salah karena sejarah mencatatnya demikian dan masyarakat hampir di seluruh dunia mempercayainya begitu saja. Namun, rupanya sejarah penemuan telepon mesti ditulis ulang setelah tanggal 11 Juni 2002 Kongres Amerika Serikat menetapkan Antonio Meucci sebagai penemu telepon. Siapa Antonio Meucci?

Bernama lengkap Antonio Santi Giuseppe Meucci, adalah warga AS keturunan Italia. Lahir di San Frediano,dekat Firenze(Florence), sebuah kota di jantung Toskana, Italia.Setelah lulus dari Akademi Kesenian Firenze, Meucci bekerja di tetro jella pergola hingga 1835. Setelah itu, ia di tawari bekerja di Teatro Tacon in Havana, Kuba.Ia hijrah ke Kuba bersama istrinya.

Meski orang seni, pada waktu senggangnya Meucii lebih suka melakukan penyelidikan terhadap sesuatu yang berbau listrik dan elektronika. Ia memang selalu berkeinginan menciptakan atau menemukan barang dan alat baru tanpa mengenal putus asa. Berkat temuannya berupa metode penyembuhan penyakit menggunakan setrum listrik, nama Meucci menjadi popular. Tah berhenti hanya sampai disitu, ia pun mencoba menemukan alat baru, yang kelak oleh orang-orang disebutnya dengan nama telepon. Usahanya tak sia-sia, pada tahun 1849 ia berhasil menemukan telepon.

Pada tahun 1850, Meucci pindah ke Staten Island, New York AS. Pada saat itu Meucci jatuh miskin, tetapi masih terus menyempurnakan alat yang telah diciptakannya yaitu telepon. Karena ia sakit keras dan perekonomiannya yang sulit, istrinya terpaksa menjual beberapa alat ciptannya hanya seharga enam dolar untuk biaya pengobatan. Setelah sembuh, Meucci bekerja keras siang dan malam untuk kembali membuat alat-lat ciptannya. Pada tahun 1871, disebabkan tak cukup uang untuk membayar paten telepon, ia hanya membayar paten sementara yang berlaku untuk setahun dan harus diperpanjang pada tahun selanjutnya.

Meucci mencoba untuk mendemonstrasikan potensi “telegraf berbicara” ciptaannya dan membawa model beserta segala keterangannya kepada wakil perusahaan telegraf Western Union. Setiap kali Meucci hendak menemui wakil ketua ini, Edward B. Grant selalu mengatakan bahwa ia tidak ada waktu. Dua tahun kemudian, saat Meucci meminta kembali semua materi telepon di perusahaan tersebut, ternyata mereka hanya mengatakan bahwa peralatan tersebut telah “hilang”.

Namun, yang mengejutkan Meucci, lima tahun sejak telepon ciptaannya dipatenkan-meski hanya berumur setahun-pada tahun 1876 Alexander Graham Bell tiba-muncul sebagai penemu telepon.Setelah meucci mengetehuinya,ia memanggil seorang pengacara untuk memprotes pada Kantor Paten Amerika Serikat di Washington.Meucci mengalami kekalahan untuk kasus ini.Setelah adanya pemutusan antara Alexander Graham Bell dengan Western Union,barulah terungkap bahwa Bell sebelumnya telah menyetujui membayar dua puluh persen keuntungan komersial atas”penemunya”selama 17 tahun kepada Western Union.

Tampaknya,kepentingan bisnis lebih kuat dan mengalahkan kejujuran serta sifat respek kepada hasil karya orang lain.akibatnya,catatan sejarah keilmuan pun tercoreng dan menyalahi keluhuran kaidah ilmiah yang selalu di junjung tinggi oleh masyarakat ilmuan.Sebenarnya,kontrofersi dan perdebatan mengenai siapapenemu telepon sudah bergeme sejak lama.Namun saying, sejarah tentang kebesaran seorang AS bernama Alexander Graham Bell seola sudah paten,ditulis secara cemerlang dengan tinta emas.kongres AS sepertinya berusa meralat kesalahan sejarah yang telah dibuat bangsanya.Sayang, Antonio Meucci yang meninggal pada tanggal 18 Oktober 1889 tak menikmati hasil karyanya.(sri/wikipedia.org)***

Komentar»

1. Meda - Desember 1, 2009

hmm ternyata begitu!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: