jump to navigation

Alat Komunikasi Tradisional Bunyi-bunyian Juni 17, 2010

Posted by mustel in koleksi.
Tags: , ,
add a comment


Tahuri, Terompet Kerang Khas Maluku
Masyarkat Maluku yang tinggal di pesisir pantai memiliki peralatan musik yang unik; sebuah kerang yang jika ditiup bunyinya akan terdengar nyaring. Semakin kecil ukuran kerangnya, semakin nayring bunyinya dan semakin besar kerangnya bunyinya pun semakin rendah.

Nada-nada yang dihasilkan Tahuri sebenarnya tidak muncul begitu saja. Terlebih dahulu kerang dilubangi dengan bor lalu ditiupkan berulangkali untuk mendapatkan nadanya dengan bantuan alat musik lainnya seperti suling dan pianika.

Dulu, Tahuri digunakan untuk memanggil masyarakat atau para kepala adat agar berkumpul di balai pertemuan atau masyarakat setempat menamakannya baileo. Satu kali tiupan Tahuri menandakan ada warga yang meninggal dunia. Tahuri juga dimainkan untuk mengiringi tarian Cakalele. Biasanya, Tahuri dimainkan dalam bentuk orkestra yang terdiri dari anak-anak dan remaja.

(berbagai sumber)

Kunjungan ke Mustel November 24, 2008

Posted by mustel in kegiatan.
Tags:
add a comment

dsc027712

dsc02768

Acara Telkom November 24, 2008

Posted by mustel in kegiatan.
Tags: ,
add a comment

Mustel kini mendapatkan kehormatan menjadi tempat peresmian Broadband Learning Center (BLS) dan Penyerahan mobil Pick Up untuk STO Mandiri tanggal 31 Oktober 2008. Acara tersebut dimulai dengan senam pagi bagi seluruh perwakilan karyawan datel di Jakarta. Wah.. seru banget yang olahraganya, setelah bercapek-capek ria dilanjutkan dengan sarapan pagi makanan tradisional khas Jakarta punya nih.. Kerak Telor dan Soto Betawi. Nyam..nyam… nyang ga’ datang boleh nitip dibawain kerak telor ama rekan sekerjanya kok.

Resep kerak telor : 2 sendok Rendaman beras (bukan nasi), 2 sdm serundeng tanpa daging .. halah kok jadi ngerumpi makanan.

Kita lihat aja yuk apa aja kegiatannya

jualan flexi

hai lihat ada hp murah tuh..

ayo semangat

Pegangan pak.. biar ga jatuh…

ular naga panjangnya

Main ular naga nih… panjangnya memang bukan kepalang.

apel pagi

Laporan pak.. semua beres sampai makanannya juga nanti kita bereskan.

hore..dapet mobil

Kuncinya gede amat gimana mobilnya ?????

mobil & motor dagangan

Hati-hati motornya nanti ditanya Pak Polisi warna dasarnya apa?

coba2

telkom flexi home gratiz f2f

internet gratis

coba internet gratizzz

soto betawi

nyam..nyam enak betul

Wah.. mohon maaf nih bagian abang kerak telor ngga’ difoto. Mudah-mudahan kalo ada acara bisa diundang lagi.

Alat Telekomunikasi Tradisional Juli 15, 2008

Posted by mustel in koleksi.
Tags: ,
1 comment so far

1. BEDUG

Alat telekomunikasi ini digunakan untuk mengirimkan informasi tertentu dalam kurun waktu tertentu, khususnya oleh masyarakat beragama Islam.

2. TIFA

Alar telekomunikasi bunyi-bunyian pukul dari Indonesia Bagian Timur (Maluku) biasanya digunakan untuk upacara adat, ritual dan kebutuhan lainnya.

3. LONCENG

Alat telekomunikasi ini digunakan untuk mengirimkan informasi tertentu dalam kurun waktu tertentu, khususnya oleh masyarakat beragama Kristen.

4. GONG/BENDE

Alat ini digunakan pada jaman kerajaan untuk mengumpulkan rakyat, biasanya jika ada pengumuman dari kerjaaan

Lahirnya Pos, Telegraf dan Telepon (PTT) Juli 3, 2008

Posted by mustel in sejarah.
Tags: ,
add a comment

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa tanggal 20 September 1906 dapat dicatat sebagai lahirnya PTT (Pos, Telegraf dan Telepon) dalam sistem administrasi pemerintah yang pertama di Indonesia. PTT sejak saat itu berkembang pesat. (lebih…)

Asal Mula Telepon Masuk ke Hindia Belanda Juni 20, 2008

Posted by mustel in sejarah.
Tags:
2 comments

Pendahuluan

Masuknya Belanda ke Indonesia (dahulu Hindia Belanda) untuk melakukan kolonialisasi dan ditemukannya telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1870, sedikit banyak telah menyempurnakan keadaan tersebut menjadi suatu sistem yang lebih akurat dan canggih, dalam hal ini telepon. jauh sebelum Bell menemukan telepon tahun 1870 itu, pada tahun 1885 Pemerintah Hindia Belanda memperoleh izin dari pemerintah Kerajaan di negeri Belanda untuk mendirikan usaha pelayanan jasa telegraf elektromagneti di Indonesia. Setahun kemudian, tepatnya tahun 1856 saluran telegraf pertama dipasang antara Batavia (Jakarta) dengan Buitenzorg (Bogor) yang selesai pada tanggal 23 Oktober 1856. Pada waktu itu tiang-tiang telegraf masih berupa pohon-pohon randu yang sudah ada maupun menanam yang baru. Untuk keperluan itu pemerintah kolonial Belanda mewajibkan rakyat menanam pohon randu di sepanjang jalan.

(lebih…)

Kentongan Juni 19, 2008

Posted by mustel in museum.
Tags:
1 comment so far

KENTONGAN TERMASUK SALAH SATU ALAT TELEKOMUNIKASI TRADISIONAL, INFORMASI YANG DIKIRIMKAN BERUPA ISYARAT BUNYI-BUNYIAN TERTENTU YANG TELAH DISEPAKATI BERSAMA OLEH KELOMPOK MASYARAKAT TERTENTU DAN PADA DAERAH TERTENTU.

(lebih…)

Penemu Telepon Juni 19, 2008

Posted by mustel in penemuan.
Tags: ,
1 comment so far

Antonio Santi Giuseppe Meucci, (lahir 13 April 1808 – meninggal 18 Oktober 1889 pada umur 81 tahun) adalah seorang penemu berkebangsaan Italia yang penemuannya merupakan alat komunikasi modern yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekarang ini untuk kehidupan sosial yaitu telepon.

Umumnya penemu telepon yang lebih dikenal masyarakat adalah Alexander Graham Bell, tetapi sepertinya sejarah harus ditulis ulang karena adalah seorang imigran dari Firenze (Florence), Italia yang bernama Antonio Meucci yang telah menciptakan telepon pada tahun 1849 dan mematenkan hasil karyanya pada tahun 1871.

Antonio Meucci lahir di San Frediano, dekat kota Firenze pada tahun 1808. Dia adalah lulusan Akademi Kesenian Firenze, lalu bekerja di Teatro della Pergola sampai tahun 1835, dan kemudian ditawari pekerjaan di Teatro Tacon in Havana, Kuba dan berimigrasi di sana bersama istrinya.

Pada waktu senggangnya Antonio Meucci suka melakukan penyelidikan terhadap sesuatu dan menciptakan barang-barang baru tanpa putus asa. Meucci telah mengembangkan cara menggunakan setrum listrik untuk menyembuhkan penyakit dan menjadi populer karenanya.

Penemuan telepon

Pada tahun 1850, dia pindah ke Staten Island, New York. Pada saat itu Meucci jatuh miskin, tetapi masih terus menyempurnakan alat yang telah diciptakannya yaitu telepon. Dikarenakan ia sakit keras dan perekonomian yang sulit, istrinya terpaksa menjual beberapa alat-alat ciptaannya hanya seharga enam dolar untuk biaya pengobatan.

Setelah sembuh, Meucci bekerja keras siang dan malam untuk kembali membuat alat-alat ciptaannya. Pada tahun 1871, disebabkan tak cukup uang untuk membayar paten telepon, ia hanya membayar paten sementara yang berlaku untuk setahun dan harus diperpanjang pada tahun selanjutnya.

Meucci mencoba untuk mendemonstrasikan potensi “telegraf berbicara” ini serta membawa model dan segala keterangannya pada wakil ketua perusahaan telegraf Western Union. Setiap kali Meucci hendak menemui wakil ketua ini, Edward B.Grant selalu mengatakan bahwa dia tak ada waktu. Dua tahun kemudian, saat Meucci meminta kembali semua materi telepon di perusahaan tersebut, ternyata mereka hanya mengatakan telah “hilang”.

Pada tahun 1876, Alexander Graham Bell menyandang nama sebagai penemu telepon. Setelah Meucci mengetahuinya, ia memanggil seorang pengacara untuk memprotes pada Kantor Paten Amerika Serikat di Washington. Meucci mengalami kekalahan untuk kasus ini. Setelah adanya permusuhan antara Alexander Graham Bell dengan Western Union baru terungkap bahwa Bell sebelumnya telah menyetujui membayar duapuluh persen keuntungan komersil atas “penemuannya” selama 17 tahun kepada Western Union.

Antonio Meucci wafat pada tanggal 18 Oktober 1889.

Penetapan sebagai penemu

Lebih dari seabad dan di seluruh penjuru dunia, Alexander Graham Bell dikenal sebagai penemu telepon. Tetapi pada tanggal 11 Juni 2002 di kongres Amerika Serikat, Antonio Meucci ditetapkan sebagai penemu telepon.


sumber :  http://id.wikipedia.org/wiki/Antonio_Meucci

Pendirian Museum Telekomunikasi Juni 13, 2008

Posted by mustel in museum.
Tags:
1 comment so far

Pada tahun 1986 saat Gedung Kantor Pusat PERUMTEL di Jl. Japati Bandung Sedang dibangun, muncul ide untuk meletakkan barang-barang dokumentasi telekomunikasi di Lantai Dasar Gedung tersebut untuk dipamerkan.

(lebih…)

Masa Pra Kemerdekaan Juni 13, 2008

Posted by mustel in sejarah.
Tags:
add a comment

Sejak dulu hingga sekarang komunikasi merupakan kebutuhan dasar manusia untuk berhubungan. Di zaman kerajaan-kerajaan dahulu, bentuk komunikasi masih sangat sederhana, bisa dengan cara berbicara, berteriak, memukul kentongan, meniup alat suara untuk menyampaikan berita. Atau bahkan melihat, membaca simbol atau tanda (visual) yang ada. Tentu saja hal ini belum didukung oleh sarana teknologi yang memadai. (lebih…)

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.